Buah Si’it Si Buah Rotan (Paikat)


Siit si buah paikat (Rotan)

Rotan (paikat) adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, yang biasanya banyak terdapat di hutan-hutan kalimantan. Buahnya bisa dimakan. Bentuknya seperti pada gambar. Rasanya sedikit kecut.

Batang rotan biasanya langsing dengan diameter 2-5cm, beruas-ruas panjang, tidak berongga, dan banyak yang dilindungi oleh duri-duri panjang, keras, dan tajam. Duri ini berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari herbivora, sekaligus membantu pemanjatan, karena rotan tidak dilengkapi dengan sulur. Suatu batang rotan dapat mencapai panjang ratusan meter. Batang rotan mengeluarkan air jika ditebas dan dapat digunakan sebagai cara bertahan hidup di alam bebas.

Rotan biasaya dijadikan kerajinan anyam-ayaman oleh suku dayak, bisa juga berfungsi alat ikat pada tiang-tiang rumah suku dayak.

3 thoughts on “Buah Si’it Si Buah Rotan (Paikat)

  1. mohon juga beri penjelasan jenis/macam2 rotan dan spesifikasinya.. sbb yg saya tau ada beberapa mcm, cuman skedar tau namanya z, sperti walatung, paikat laki, dsb (kalau tdk salah)
    trm ksh..
    salam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s